10 Tips Liburan Akhir Tahun 2018 Dan Tahun Baru 2019

Asuransi Perjalanan Liburan

Liburan anak sekolah di akhir tahun ini telah tiba, libur kerja bagi karyawan juga sudah semakin dekat, bagi kita inilah saat yang ditunggu-tunggu untuk pergi berlibur setelah sekian lama sibuk dengan rutinitas setiap harinya.

Apakah anda termasuk orang yang telah merencanakan liburan selama berbulan-bulan sebelumnya atau mungkin anda termasuk orang yang ikut berebut promo paket liburan akhir tahun yang banyak ditawarkan travel-travel maupun tempat-tempat wisata di akhir tahun ini. Untuk melengkapi liburan akhir tahun dan menyonsong tahun baru, ada baiknya baca tips-tips berikut ini agar lebih sempurna wisata akhir tahun anda.

10 Tips Untuk Rencana Liburan Akhir Tahun

1. Tentukan Destinasi / Tempat Liburan Akhir Tahun

Tempat Liburan Akhir Tahun

foto : IG @pesonaid_travel

Saat ini tidak terlalu sulit untuk memulai pencarian alternatif tempat-tempat wisata untuk tujuan liburan karena media sosial menyediakan semuanya untuk anda. Pada media sosial tersedia gambaran visual  tentang apa yang anda harapkan, ini akan sangat membantu dalam memutuskan tujuan liburan akhir tahun anda.

Membuka situs-situs travel juga sangat tepat untuk merencanakan tujuan liburan, disana anda dapat membaca ulasan-ulasan dari sesama pelancong yang telah kesana sebelumnya, sehingga anda tahu apa kelebihan dan kekurangan tempat wisata tersebut. Anda bisa membuka situs milik Traveloka jika tujuan liburan lokal Indonesia atau TripAdvisor jika destinasi liburan akhir tahun anda ke luar negeri.

2. Dapatkan Paket Liburan Akhir Tahun Terbaik

Paket Liburan Akhir Tahun Terbaik

foto : IG @indtravel

Liburan di akhir tahun tentunya lebih mahal dibanding berlibur dihari biasa, karena harga tiket pesawat dan akomodasi akan melonjak saat liburan sekolah dan libur panjang tiba.

Cek berbagai biro perjalanan dan maskapai penerbangan, cari penawaran terbaik, mungkin anda beruntung untuk mendapatkan harga promo paket liburan akhir tahun, biasanya mereka menawarkan paket promo pada saat-saat tertentu. Cek situs seperti Kayak, Booking.com, dan Expedia yang terkadang melakukan promo flash deal, bandingkan dengan info harga tiket penerbangan dan harga hotel yang telah anda dapatkan sebelumnya.

Cari informasi event pameran travel (Travel Fair) yang akan atau sedang berlangsung dikota anda,  disana akan banyak sekali tawaran promo paket liburan akhir tahun.

Bagi pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan diskon harga tiket coba pertimbangkan memesan melalui biro perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan memberikan promo harga tiket untuk pelajar dan mahasiswa jika memesan penerbangan jarak jauh.

3. Minimalkan Barang Bawaan (Bagasi)

Pengepakan Bagasi Yang Efisien

Jangan terkecoh dengan harga tiket pesawat murah, perhatikan limit maksimum dan biaya tambahan jika kelebihan beban bagasi. Terkadang mereka memberi harga yang lebih mahal untuk kelebihan beban bagasi dibanding maskapai penerbangan lain, dan bepergian dengan koper besar juga bisa merepotkan. Atur sedemikian rupa agar anda bepergian dengan beban ringan dan itu membuat liburan akhir tahun Anda jauh lebih santai. Jika berlibur dengan anak-anak kecil, pelajari cara pengepakan yang efisien, banyak tutorial cara pengepakan barang yang efisien tersedia di internet.

Jika Anda hanya membawa tas tangan (handbag), pastikan semua larangan penerbangan tidak terdapat pada tas anda agar perjalanan lancar dan sampai ke tujuan tempat liburan akhir tahun.

4. Periksa Dokumen Penting

Dokumen Penting Paspor

foto : IG @zumaidi_91

Pastikan membawa dokumen identitas, selain untuk birokrasi perjalanan, dokumen ini penting untuk tanda identitas anda ditempat lain. Jika memutuskan berlibur akhir tahun ke luar negeri, pastikan membawa paspor yang masih berlaku. Jangan membawa paspor yang sudah kadaluwarsa.

Liburan akhir tahun ke luar negeri juga disarankan untuk mendaftarkan perjalanan anda ke Kementerian Luar Negeri, hal ini akan memungkinkan kementerian memberi bantuan darurat jika diperlukan.

5. Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan Liburan

foto : IG @indtravel

Saat ini asuransi perjalanan ditawarkan dalam berbagai bentuk, ada yang hanya mencakup dasar-dasar bagasi yang hilang, asuransi jika penerbangan dibatalkan atau penundaan penerbangan. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan kebijakan yang melayani liburan petualang dan liburan alternatif.

Pasangan calon pengantin baru dapat mencari asuransi untuk tujuan pemotretan atau pernikahan mereka di luar negeri. Pertanggungan asuransi akan berguna jika terjadi perubahan pada menit-menit akhir rencana perjalanan mereka.

6. Amankan Barang Berharga

Turis dan pelancong sering dijadikan sasaran penipuan dan pencurian, selalu melindungi diri dan barang bawaan dengan waspada terhadap lingkungan sekitar dan mengamankan barang berharga. Bagi ke beberapa tempat penyimpanan uang Anda dan jaga barang-barang elektronik berharga Anda dari pandangan orang-orang yang bisa memicu keinginan untuk mencuri adalah cara-cara bagus agar perjalanan liburan akhir tahun Anda menyenangkan.

7. Pastikan Keluarga Enjoy

Liburan Keluarga Enjoy

foto : IG @pesonaid_travel

Membuat anak-anak bahagia dan enjoy dalam liburan akhir tahun mungkin menjadi urusan yang rumit, karena biasanya mereka memiliki impian liburan yang berbeda dengan orang dewasa. Jika anda memutuskan berlibur bersama keluarga, sangat bijaksana jika melibatkan mereka dalam perencanaan perjalanan liburan ini.

Cari tahu tips-tips yang bagus jika melakukan penerbangan jarak jauh dengan anak-anak kecil.

8. Pertimbangkan Alternatif Anggaran

Alternatif Anggaran Penerbangan

foto : IG @citilink

Liburan akhir tahun tidak harus menjadi mahal. Cari maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket pesawat murah untuk tujuan penerbangan ke bandara tempat liburan tujuan anda. Jika tiket penerbangan direct masih mahal. coba ambil rute non-direct dan jadwal jam penerbangan tertentu yang biasanya harga lebih murah.

Untuk penginapan, jika menginap di hotel yang nyaman dan mewah tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal, ada banyak alternatif yang terjangkau, seperti homestay dan hostel. Ini adalah tips yang smart, selain harga lebih murah, anda berkesempatan bertemu dan berkenalan dengan penduduk setempat atau wisatawan lainnya, yang dapat membuat liburan anda sedikit lebih unik.

Mungkin kota besar tujuan liburan akhir tahun anda dipenuhi tempat belanja dan makan, namun biasanya harga barang atau makanan ditempat wisata lebih mahal. Memilih kota-kota kecil dan cagar alam bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau.

9. Tetap terhubung WiFi Di Pesawat

Free WiFi Di Pesawat

Internet di pesawat bukan lagi hal yang mewah.

Jika perlu tetap terhubung internet selama penerbangan, saat ini sebagian maskapai penerbangan besar telah  menawarkan Wi-Fi dalam pesawat. Menurut sebuah penelitian, 82 maskapai penerbangan kini memiliki Internet di dalam pesawat dengan kecepatan koneksi yang cukup baik.

Ketika sampai ke tempat tujuan liburan akhir tahun, memiliki koneksi Internet yang handal akan sangat membantu saat anda memulai untuk berkeliling. Anda bisa mencari informasi apapun di internet tentang lokasi anda saat itu.

Perhatikan biaya roaming berlaku pada operator seluler anda, gunakan perangkat Wi-Fi seluler jika anda bepergian berkelompok, atau bisa mempertimbangkan untuk membeli kartu SIM lokal.

10. Sambut Tahun Baru 2019

Sambut tahun baru 2019 dengan harapan baru setelah liburan akhir tahun anda berakhir. Kembali beraktifitas dengan semangat dan energi yang baru, sambil merencanakan kembali perjalanan liburan selama tahun 2019.

Jika anda berencana berlibur akhir tahun di Kota Surabaya, silahkan baca artikel-artikel tempat wisata yang ada di Surabaya pada Blog situs ini. Ada banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi liburan disini, mulai dari wisata religi, wisata bermain dan petualangan, ekowisata, maupun wisata belanja. Ada juga Surabaya Roll Cake, oleh oleh khas Surabaya yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Demikian 10 tips liburan akhir tahun yang bisa mimin berikan, semoga bermanfaat dan membantu menyempurnakan rencana perjalanan wisata anda, jangan lupa membawa cinderamata atau oleh-oleh khas dari tempat liburan anda karena keluarga dan teman tentunya sangat mengharapkan itu, bukan foto-foto liburan akhir tahun anda. hehehe…

Selamat berlibur dan semoga selalu bahagia. AMIN

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!