Taman Sakura Ala Jepang di Hutan Bambu Surabaya

Hutan Bambu Sukolilo

Harmoni Pemerintah Kota Surabaya Untuk Hutan Bambu

Selain wisata sejarah yang ditonjolkan oleh Kota pahlawan ini, Surabaya pun juga memiliki spot wisata dengan pemandangan yang sangat apik dan sangat instagramable. Yups, di Hutan Bambu Surabaya ini ada banyak angle yang bisa dipilih untuk mengabadikan momen indah dengan latar hutan bambu yang unik.

Hutan bambu buatan ini memang sengaja diciptakan pemerintah kota Surabaya untuk tujuan wisata. Jika Jepang memiliki objek wisata hutan bambu bernama Sagano Bamboo Forest, maka Surabaya memiliki objek wisata Hutan Bambu Keputih. Untuk urusan keindahan, Hutan Bambu ini tidak perlu diragukan lagi. Apalagi tempat ini masih bagian dari Taman Sakura yang biasa disebut Taman Harmoni Surabaya, cocok buat hunting-hunting foto tanpa harus pergi jauh ke negeri sakura.

Lokasi Dan Sejarah Hutan Bambu Surabaya

Hutan Bambu ini terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, tidak begitu jauh dari Hutan Mangrove Wonorejo. Lokasi ini dulunya merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih. Sejatinya, penanaman pohon bambu yang ada di lokasi ini dilakukan secara tidak sengaja. Lokasi yang dulunya sebagai areal pembuangan sampah ini, tidak sengaja ditanami pohon bambu agar areal lahan masih dapat difungsikan. Kemudian, pohon bambu pun tumbuh bersejajar dengan rimbun yang malah menciptakan pemandangan yang menarik dan indah. Jika ingin ke lokasi ini cukup ikuti panduan google maps Hutan Bambu Surabaya dari handphone anda.

Fasilitas Gratis Taman Bambu Surabaya

foto : humas.surabaya.go.id

Untuk parkir tidak perlu bingung karena tersedia lahan tanah kosong untuk parkir kendaraan. Dari tempat parkir, akses menuju Hutan Bambu Surabaya ini akan melewati area bernama Taman Sakura atau Taman Harmoni. Ditaman ini terdapat beberapa fasilitas gratis yang dapat dimanfaatkan pengunjung khususnya anak-anak, seperti ayunan, dome climber, prosotan, dll.

Hutan Bambu Surabaya Sebagai Wujud Perkembangan Kota

Memang, belakangan ini dapat dikatakan bahwa Kota Surabaya mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam hal tata kota, seperti penciptaan taman-taman dan pembenahan kota lainnya. Hal ini semakin memberikan penampilan yang lebih baik dan lebih tertata. Inilah salah satu wujud hasil kerja dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Hutan Bambu Surabaya

foto: IG @myname_adi

Ada beberapa taman di dalam kota yang disulap sehingga memiliki penampilan yang lebih baik dan tertata, sebut saja Taman Mundu ataupun Taman Bungkul yang pernah meraih penghargaan internasional dari PBB tahun 2013 sebagai taman terbaik se-Asia. Selain dua taman taman ini, ada satu taman lainnya yang saat ini banyak menjadi tujuan masyarakat Surabaya karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Inilah Hutan Bambu yang ada di kawasan Taman Sakura Surabaya.

Pemindahan lokasi TPA Keputih menjadi awal kemunculan Hutan Bambu Surabaya. Beberapa lahan kosong sebagai sisa TPA difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Kemudian, ditanamlah sejumlah pohon bambu di sana yang kemudian tumbuh dengan menciptakan pemandangan yang sangat asri dan memiliki kesan khas Jepang.

Spot Menarik (Instagramable) Di Hutan Bambu Surabaya

Layaknya kebanyakan taman yang lain, Hutan Bambu ini memiliki beberapa spot menarik untuk digunakan berfoto. Latar belakang suasana yang tampak asri dengan kerindangan pohon bambu inilah yang menarik minat banyak orang untuk berfoto. Bahkan, beberapa orang memilih lokasi ini untuk dijadikan sebagai foto pre-wedding.

Spot Foto Di Hutan Bambu

foto: IG @tweenshot

Setiap harinya mulai pagi sampai sore, Hutan Bambu Surabaya hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar kota Surabaya. Saat ini sekitar 1.000 pengunjung setiap minggunya. Umumnya mereka penasaran, lalu datang ke hutan bambu ini untuk ber-selfie dan menikmati keasrian dari tempat ini, atau menyalurkan hobi fotografi mereka bagi fotografer.

Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata alternative untuk bersantai para masyarakat Surabaya Timur. Sebut saja ayunan, perosotan dan juga batu refleksi yang tersedia di beberapa spot hutan ini dapat dijadikan sebagai pilihan tempat menarik untuk mengajak anak-anak atau pun orang tercinta untuk datang dan menikmati suasana taman yang indah dan sejuk.

Hutan Bambu Bagian Dari Taman Sakura Surabaya

Hutan Bambu Surabaya ini merupakan bagian dari Taman Sakura Surabaya yang juga baru saja didirikan oleh Pemerintahan Kota Surabaya. Penyebutan Taman Sakura karena memang taman ini lebih menonjolkan keindahan aneka ragam bunga yang ada di dalamnya.

Taman Sakura Surabaya

foto: IG @dianrika

Taman Sakura Surabaya ini memang menjadi taman dengan areal yang lebih luas dibandingkan dengan beberapa taman lain yang ada di Surabaya saat ini. Di taman Sakura Surabaya ini memang tidak ada bunga Sakura layaknya yang ada di negara Jepang. Penyebutan Taman Sakura hanya ingin memberikan kesan bahwa taman ini adalah taman yang ditanami dengan aneka jenis bunga. Setiap jenis bunga ditanam berkelompok dan berjajar sesuai dengan jenisnya.

Hutan Bambu ini menjadi bagian dalam dari Taman Sakura Surabaya. Jika Anda sudah berada di Taman Sakura dan kemudian berjalan lebih dalam memasuki taman ini, maka Anda pun akan menemukan hutan bambu ala Jepang pula. Semakin ke dalam, pohon bambu yang ada akan tertata semakin rapat dan juga semakin rimbun.

Hanya saja, di areal lokasi taman bambu ini, tidak akan ditemukan tempat untuk duduk. Semua areal taman hanya ditempati dengan segerombolan pohon bambu yang berkelompok. Suasana dengan sense of pedesaan sangat khas dan kental terasa di area taman ini.

Tabebuya, Bunga Sakura Ala Taman Harmoni Surabaya

Penampakan seperti bunga sakura di taman ini sebenarnya adalah bunga Tabebuya. Tanaman bernama latin Tabebuia chrysotricha ini memang sengaja ditanam di area Taman Sakura Surabaya. Bukan hanya di taman yang juga dikenal dengan nama Taman Harmoni ini, tanaman Tabebuya juga ditanam di beberapa jalan protokol Kota Surabaya. Rencana kedepan, semua jalan protokol Surabaya akan ditanamin tanaman ini. Bunga yang sekilas mirip dengan Sakura ini hanya mekar di ujung musim kemarau.

Tabebuya di Taman Sakura Surabaya

foto : IG @arizal_khunaifi_akbar

Tabebuya merupakan jenis pohon yang tidak terlalu tinggi, memiliki akar tidak merusak tembok, daunnya tidak mudah rontok, dan beberapa varian warna, seperti pink, kuning, putih, serta warna ungu yang mirip bunga sakura. Tanaman ini dapat berfungsi untuk penyerapan polusi kendaraan. Pemkot Surabaya mulai membudidayakan pohon Tabebuya sejak tahin 2010 di Kebun Bibit Surabaya dengan rencana sewaktu-waktu akan dipindah tanam di jalan-jalan protokol atau taman-taman kota, seperti di Taman Sakura Surabaya.

Sakura Tabebuya Pink

foto : IG @ridhobs

Taman Sakura Tabebuya Kuning

foto : wikipedia

Tiket Masuk Hutan Bambu dan Taman Sakura Surabaya

Sama seperti taman-taman kota lainnya di Surabaya, tiket masuk Hutan Bambu dan Taman Sakura adalah Gratis. Pengunjung tidak dibebankan biaya masuk, cukup membayar biaya parkir jika anda membawa kendaraan. Dengan tiket masuk free anda bisa nikmati semua fasilitas dan keindahan taman ini. Terdapat hiasan-hiasan yang menarik sebagai background untuk berfoto, seperti simbol love ataupun bintang yang dibuat untuk menarik minat pengunjung. Menarik bukan?

Perawatan Kelestarian Hutan Bambu Surabaya

Saat ini, Hutan Bambu ini sudah berkembang dan banyak diminati oleh warga Surabaya dan telah mendapatkan hati dan perhatian tersendiri. Untuk itu, pemerintah Kota Surabaya selalu melakukan upaya penjagaan taman agar taman tetap lestari.

Hutan Bambu Sukolilo

Untuk mendukung usaha ini, pemerintah kota membentuk satuan tugas khusus yang memiliki tujuan untuk merawat dan menjaga kelestarian dan keasrian hutan bambu ini. Satuan tugas ini tersusun atas 15 orang yang bertugas mengamankan hutan bambu dari setiap tindakan masyarakat yang dirasakan tidak bertanggung jawab.

Memang diperlukan kerjasama dari semua pihak yang ada di Surabaya untuk menjaga kelestarian Hutan Bambu ini. Hutan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas dengan pemandangannya yang asri dan rindang dengan kumpulan pohon bambu ini tentu saja harus dijaga. Tak banyak daerah yang memiliki konsen dan perhatian tinggi untuk lingkungannya. Pemerintah Kota Surabaya terbukti sebagai salah satu bagian masyarakat yang sangat peduli terhadap perkembangan lingkungan alam. Jangan ragu lagi untuk datang Hutan Bambu ini dan mendapatkan sense of Jepang dari suasana yang ada di sana. – #BanggaSurabaya

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!