Museum House Of Sampoerna Surabaya

Museum House Of Sampoerna-Surabaya

Nama Museum House of Sampoerna mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun di Jawa Timur, khususnya Surabaya, nama ini sudah sangat akrab di telinga dan menjadi salah satu kebanggan masyarakat Jawa Timur. Sebagaimana namanya, bangunan ini memang memiliki keterkaitan dengan salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia yaitu Sampoerna Group sebagai pemilik bangunan yang bergaya kolonial tersebut.

Lokasi Dan Keunikan Museum House Of Sampoerna Surabaya

Bangunan megah yang masih menggunakan arsitektur khas Belanda ini, pada dasarnya adalah sebuah museum kretek Indonesia. Letaknya berada di Jalan Taman Sampoerna 6 Surabaya. Sebagaimana bangunan yang menggunakan gaya Belanda, pada gedung ini juga disajikan pemandangan empat pilar besar sebagai penyangga yang terletak di bagian gedung utama.

Dalam sejarahnya, bangunan ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Bangunan yang kental dengan gaya arsitektur Belanda ini sudah dibangun pada tahun 1862. Pada awalnya, bangunan ini dimanfaatkan sebagai panti asuhan putra yang dibawah pengelolaan pemerintahan Belanda.

Liem Seeng Tee Pendiri House Of Sampoerna

foto: IG @dammaarts

Namun, seiring perjalanan waktu terjadi perubahan dimana bangunan tersebut dijual oleh pemerintah Belanda. Pembelinya adalah seorang warga keturunan Tionghoa yang bernama Liem Seeng Tee. Peristiwa ini sendiri terjadi pada tahun 1932, dan sejak saat itu terjadi perubahan fungsi bangunan tersebut.

Jika pada awalnya bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai tempat panti asuhan, namun hal ini tidak dilanjutkan setelah berganti kepemilikan. Oleh pemilik baru, bangunan yang cukup megah dan berukuran besar tersebut dialihfungsikan sebagai pabrik rokok dan menjadi tempat produksi pertama rokok Sampoerna.

Namun bersama dengan semakin besarnya usaha dari kelompok Sampoerna, membuat proses produksi tidak lagi memungkinkan jika dilakukan di House of Sampoerna tersebut. Proses produksi pun seluruhnya dipindahkan ke pabrik, dan rumah tempat produksi pertama ini kemudian dialihfungsikan sebagai museum.

Lokasi House Of Sampoerna

Lokasi museum House Of Sampoerna terbilang sangat dekat dari Jembatan Merah. Kawasan tersebut terkenal bangunan-bangunan kolonial bersejarahnya, sebut saja diantarannya Gedung Internatio, kawasan Kembang Jepun, kawasan religi Makam Sunan Ampel, Makam Tua Belanda di Jalan Peneleh, Tugu Pahlawan sampai gedung Museum Siola dijalan tunjungan.

Museum House Of Sampoerna-Surabaya

Untuk bisa menuju ke museum kretek milik kelompok Sampoerna Group ini, tidak terlalu sulit. Sebab, letaknya berada di tengah kota Surabaya dan selain itu, bangunannya pun cukup menonjol karena ukuran House of Sampoerna yang paling besar dibanding bangunan sekitarnya. Selain itu, di sebelah kiri dan kanan gedung utama, masih terdapat dua bangunan yang mengapitnya.

Meski secara geografis letak gedung ini berada di tengah kota, namun untuk menjangkaunya Anda harus masuk ke dalam gang terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan pengunjung menuju ke gedung tersebut.

Pada bagian gedung sebelah kanan, merupakan kediaman dari keluarga Sampoerna. Sementara, gedung yang sebelah kiri menjadi tempat galeri seni yang unik. Di samping kanan gedung auditoriam, kita bisa melihat sebuah mobil yang cukup mewah produksi dari Inggris yaitu Rolls Royce. Mobil ini merupakan mobil yang khusus diperuntukkan bagi keluarga Sampoerna.

Keunikan Museum House Of Sampoerna

Sebagai museum kretek, tentu saja House of Sampoerna memiliki ciri khas yang cukup unik. Diantaranya adalah pada saat masuk ke dalam arena museum, pengunjung akan disambut dengan aroma harum tembakau yang semerbak. Di sini akan ditemukan petugas yang sebagian besar kaum wanita dengan senyum ramah khas Indonesia. Mereka akan menyapa ramah pada siapa saja yang berkunjung ke tempat tersebut sehingga hal ini akan memunculkan kesan nyaman bagi pengunjung yang datang.

Perkerja Wanita Sampoerna Group

foto: IG @bunpiau86

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan penjelasan secara lengkap mengenai isi museum beserta dengan keluarga Sampoerna, para petugas ini akan dengan lugas menjelaskan hal tersebut. Namun demikian, Anda bisa pula memahami semua yang ada dalam museum meski tanpa penjelasan dari para petugas tersebut. Hal ini karena hampir di semua bagian, terdapat penjelasan yang berisi informasi tentang museum tersebut dan juga sejarah dari Sampoerna Group. Uniknya, semua informasi ini dijelaskan dengan gaya manual atau juga digital.

Perjalanan mengelilingi Museum House of Sampoerna akan semakin nyaman ditemani gemercik air mancur yang melingkar di dalam museum. Di ruangan paling depan terpajang lukisan pendiri Sampoerna didampingi beberapa keluarganya. Selain itu terdapat meja dan kursi yang tertata rapi dan juga beberapa koleksi gaun kebaya keluarga Sampoerna.

Pengunjung House of Sampoerna juga akan diajak mengenang masa awal perjalanan Sampoerna Group. Hal ini bias dilihat dari adanya replika lapak kelontong yang digunakan untuk berjualan rokok di awal kemunculannya. Selain itu, dipajang pula dalam pigura beberapa jenis tembakau yang menjadi bahan baku produksi rokok.

Pun, Anda akan melihat replika tungku yang digunakan untuk mengeringkan tembakau. Di sini, bau tembakau akan terasa sangat menyengat. Anda akan mengetahui siapa saja yang memiliki peran besar dalam perkembangan Sampoerna hingga menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Koleksi Sampoerna Marching Band

foto: IG @bunpiau86

Koleksi kendaraan milik keluarga Sampoerna sejak sebelum memiliki mobil, bisa pula dijumpai di lantai satu. Dan yang paling mengesankan adalah, koleksi peralatan Sampoerna Marching Band yang pernah digunakan untuk acara Rose Parade di California, Amerika. – #BanggaSurabaya

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!