Minuman Yang Pas Untuk Musim Hujan

Minuman Yang Pas Untuk Musim Hujan

Keadaan udara pastinya ikut berubah, dari panas menjadi dingin. Biasanya, disaat musim hujan atau cuaca dingin membuat orang menjadi malas untuk beraktivitas. Mendekap bantal guling di balik selimut rasanya sulit untuk ditinggalkan.

Oleh sebab itu, bagi yang memiliki banyak kegiatan, berbagai upaya pun dicoba untuk menghangatkan tubuh agar tak mengganggu aktivitas pada saat cuaca dingin. Salah satunya mencari macam-macam minuman hangat yang pas untuk musim hujan.

Minuman Yang Cocok Untuk Musim Hujan Dan Cuaca Dingin

Setelah sebelumnya kami tuliskan rekomendasi 15 Makanan Khas Surabaya, berikut ini rekomendasi macam-macam minuman yang cocok untuk musim hujan atau saat cuaca dingin, agar tetap bersemangat untuk beraktivitas dan baik untuk kesehatan.

Kopi Panas

Kopi memang minuman yang cocok di segala cuaca. Akan tetapi minum kopi disaat hujan, memiliki sensasi yang berbeda. Saat sulit fokus dan tubuh terasa letih, mungkin yang pertama terpikirkan adalah Kopi.

Kopi Panas

foto : IG @granadosgandos

Memulai aktivitas dipagi hari dengan ditemani secangkir kopi sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang, bahkan diwaktu lain saat merasa tubuh mulai butuh tambahan energi. Kebiasaan menyeduh kopi setiap pagi hari telah menjadi sebuah rutinitas yang wajib dilakukan.

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan konsentrasi, mengatasi rasa kantuk dan membuat Anda kembali semangat. Dalam secangkir kopi terdapat 85 mg kandungan kafein. Batas aman tubuh mengkonsumsi kafein perharinya adalah 100–150 mg. Jumlah ini sudah cukup mampu meningkatkan aktivitas tubuh dan membuat konsentrasi tetap terjaga.

Teh Hangat / Panas

Pecinta teh pastinya paham, pada saat cuaca yang panas minum teh dingin adalah pilihan terbaik, dan sebaliknya disaat cuaca dingin teh hangat sangat cocok untuk menghangatkan tubuh.

Teh Hangat / Panas

foto : IG @feldy_fellya19

Sama seperti kopi, Teh juga tergolong minuman yang mengandung kafein. Metode penyajiannya  dengan cara menyeduh bersama air panas. Bagian dari tanaman Camellia Sinensis yang digunakan sebagai bahan Teh adalah daun, pucuk daun, ataupun tangkai daun yang kemudian dikeringkan. Teh yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis terbagi dalam empat kelompok, yakni teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh oolong.

Manfaat Teh pada tubuh:

  • Melindungi jantung
  • Mengurangi lemak tubuh
  • Membentuk tulang yang kuat
  • Mencegah kerusakan gigi dan melawan bau mulut
  • Memperlambat penuaan dan membersihkan sistem pencernaan
  • Memperkecil risiko kanker ovarium
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker
  • Meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Coklat Panas

Walaupun coklat panas biasanya diminum untuk kesenangan, namun minuman ini juga baik untuk kesehatan. Coklat (cokelat) memiliki banyak manfaat. Salah satunya kandungan phenethylamine dalam coklat yang bisa menenangkan pikiran. Diseduh dengan air mendidih, cokelat hangat pastinya menggoda. Selain itu coklat juga dapat mampu menghilangkan kantuk karena mengandung theobromine dan kafein yang berada di dalamnya.

Coklat Panas

foto : IG @adwimulya

Menikmati coklat memiliki efek psikologis yang luar biasa. Lumernya lemak kokoa (Theobroma cacao, bahan dasar pembuatan coklat) menimbulkan rasa lembut yang khas dimulut. Sebuah riset oleh BBC mengindikasikan bahwa lumeran coklat dalam mulut akan meningkatkan aktivitas otak dan jantung, debaran jantung yang lebih kuat dibanding karena ciuman mulut dengan mulut, dan terasa empat kali lebih lama.

5 Khasiat Tinggi Minuman Coklat Panas

  1. Coklat panas meningkatkan kekuatan otak
  2. Coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan
  3. Coklat panas meningkatkan suasana hati
  4. Coklat panas meningkatkan kesehatan jantung
  5. Coklat panas dapat menurunkan berat badan

Wedang Jahe

Wedang jahe memang tiada tanding sebagai penghangat badan dikala cuaca dingin. Lihat saja di daerah Batu, Malang, Jawa Timur, atau di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat, wedang jahe menjadi incaran.

Saat cuaca dingin, minuman hangat berbahan dasar jahe sangat cocok untuk minum, baik itu disajikan dalam bentuk wedang jahe ataupun sebagai wedang ronde. Banyak manfaat wedang jahe untuk tubuh manusia, terutama memberi kehangatan pada saluran pencernaan sehingga tubuh tidak terganggu oleh udara dingin. Selain itu, manfaat wedang jahe adalah mengobati berbagai penyakit dan membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Minuman Wedang Jahe

foto : IG @ahara_lena

The World Journal of Gastroenterology (WJG) pernah memuat sebuah hasil penelitian yang menyatakan, pemberian ekstrak jahe pada pasien penyakit lambung seperti dispepsia, akan membantu pengosongan dan pengeluaran gas lambung.

Wedang jahe merupakan minuman khas Indonesia yang sangat populer sejak dahulu. Cara penyajiannya sangat mudah, yaitu merebus jahe dalam air panas selama sepuluh menit, tambahkan gula merah, dan beberapa potongan batang serai. Setelah itu, wedang jahe sudah bisa Anda mikmati terutama di tengah udara dingin. Kabar baiknya lagi, tidak masalah jika minum wedang jahe setiap hari.

Bir Pletok

Tidak semua bir memabukkan dan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah Bir Pletok. Minuman khas Betawi ini terbuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, daun pandan wangi, serai, dan kulit kayu secang. Minuman ini selain dapat menghangatkan tubuh kalian, bir pletok juga dipercayakan sebagai obat masuk angin, flu, dan batuk dan yang lain lainnya.

Bir Pletok tidak mengandung alkohol. Kulit kayu secang bahn yang memberi warna merah pada minuman ini. Bir Pletok awalnya diracik karena dahulu masyarakat Betawi ingin meniru kebiasaan bangsa Belanda di Indonesia yang selalu meminum wine disetiap perayaan. Namun karena bir mengandung alkohol dan memiliki efek memabukkan, maka beberapa orang Betawi yang memiliki ide mencoba meracik bir yang tidak menyebabkan mabuk, namun bisa menghangatkan badan.

Minuman Bir Pletok

foto : IG @sulistyowati_05

Kata ‘pletok’ sendiri berasal dari bunyi ‘pletok’, suara yang keluar dari mulut botol wine saat tutupnya dilepas. Penggabungan kata bir dan bunyi pletok menjadi nama dari racikan minuman kesehatan ini.

Bir Pletok punya banyak khasiat dan aman dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Minuman herbal ini juga dipercaya mampu memperlancar peredaran darah, mengobati migran, mengatasi nyeri lambung, dan memulihkan radang sendi.

Wedang tahu

Di beberapa daerah jajanan seperti ini disebut kembang tahu atau tahwa. Wedang tahu ini terdiri dari tahu sutera yang disajikan hangat dengan kuah jahe yang membuat cita rasa yang khas untuk di coba buat kalian dan juga banyak khasiat yang dapat dari minuman tersebut.

Minuman musim hujan Wedang Tahu

foto : IG @omahwetanyk

Sekilas, isi wedang tahu ini sangat mirip dengan bubur sumsum, namun warna putih pada minuman khas Semarang ini adalah kembang tahu. Kembang tahu sendiri merupakan hasil rebusan kedelai, yang juga merupakan bahan baku proses pembuatan tahu. Di Surabaya, wedang tahu ini dikenal dengan sebutan tahwa.

Wedang tahu sebenarnya merupakan hidangan peranakan, versi Indonesia dari kuliner Tionghoa bernama tauhue. Tauhue sangat populer di Tiongkok selatan, hidangan ini juga disebut puding tahu atau puding kedelai.

Wedang Uwuh

Minuman ini merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta. Penampilannya mirip dengan bir pletok asal Betawi. Tetapi wedang uwuh disajikan tanpa disaring. Rempah-rempah daun dan batangan yang ikut disajikan dalam gelas membuatnya tampak seperti uwuh (sampah). Biasanya dijual di cafe-cafe, namun di angkringan juga biasanya menyediakan minuman wedang uwuh.

Minuman Wedang Uwuh

foto : IG @mangansekk

Wedang uwuh disajikan saat masih panas atau hangat. Wedang ini memiliki rasa manis dan sedikit pedas dengan warna merah cerah dan beraroma harum. Bahan jahe pada minuman ini memberi rasa pedas, sedangkan warna merah karena adanya kayu secang.

Bahan-bahan rempah yang terdapat pada Wedang uwuh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahan yang digunakan antara lain: jahe, kayu secang, cengkih, kayu manis dan daunnya, pala dan daunnya, akar sereh dan daunnya, kapulaga, dan gula batu.

STMJ

STMJ merupakan singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe. Minuman ini cukup mudah ditemukan di berbagai tempat dikota kota besar maupun kota kota kecil. Adanya  jahe pada minuman ini akan memberikan rasa yang hangatkan pada tenggorokan dan perut ketika diminum. Ditambah lagi adanya susu dan juga telur plus madu yang menambah kenikmatanya, tak hanya sekedar menghangatkan saja, namun juga akan membuat perut yang kosong menjadi terisi.

Susu Telur Madu Jahe

foto : IG @ayam_pakdoel

Awal mula minuman ini berasal dari minuman susu yang diberi jahe. Karena disukai oleh banyak orang maka muncullah inovasi untuk mencampurkan kedua minuman ini dengan dua bahan lain yang memiliki khasiat menyehatkan juga, yaitu telur dan madu. Tidak diketahui secara pasti kapan minuman bernama STMJ ini tercipta.

Di kota Surabaya terdapat beberapa penjual STMJ yang cukup terkenal, diantaranya STMJ dan Ronde Biliton, STMJ Blauran, STMJ Bu Nunuk di Jalan Ngagel Rejo, STMJ Kidang Kencono di daerah Sawahan, dll.

Okey, itu dulu rekomendasi macam-macam minuman yang cocok untuk musim hujan dan cuaca dingin, semoga bermanfaat dan tetap bersemangat untuk beraktivitas. Baca juga artikel kuliner dan tempat wisata di Surabaya pada halaman Blog situs ini. Jangan lupa share ke teman-teman, agar lebih bermanfaat. Terima kasih.

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!