Masjid Al Akbar Surabaya, Masjid Agung Berskala Nasional

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid pada zaman Rasulullah dijadikan sebagai pusat kegiatan bagi umat muslim. Tidak hanya sebagai tempat untuk melakukan sholat lima waktu dan sholat Jumat, masjid pun dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas dakwah dan juga pengurusan masalah umat lainnya. Di dalam masjidlah Rasul dan para sahabat memikirkan masalah umat dan kemudian menemukan pemecahannya.

Masjid Al Akbar Surabaya, Masjid Agung Kebanggaan Suroboyo

Saat ini, Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia juga identic dengan berbagai macam dan ragam masjid yang ada di seluruh wilayahnya. Bahkan saat ini, hampir semua wilayah atau daerah di Indonesia memiliki masjid agung kebanggaan bagi masyarakat sekitar wilayah tersebut.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya memiliki banyak masjid yang selalu dihampiri oleh pegunjung dari dalam kota maupun luar kota, seperti Masjid Muhammad Cheng Hoo yang memadukan keindahan arsitektur gaya Tiongkok dan Arab. Karena keunikan arsitekturnya, banyak orang yang terkecoh dan mengira masjid Cheng Hoo sebuah bangunan klenteng tempat ibadah umat Buddha. Ada juga Masjid Sunan Ampel yang selalu menjadi tujuan wisata religi umat Islam, dll. Selain itu, Surabaya juga memiliki satu masjid agung berskala nasional yang menjadi kebanggaan arek Suroboyo. Masjid Agung Surabaya ini adalah Masjid Al Akbar.

Mesjid Agung Nasional Al Akbar Surabaya

foto: IG @fajarhw

Bangunan Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya tercatat sebagai masjid terbesar kedua di tanah air setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid agung nan besar atau dikenal dengan sebutan masjid Jami’ ini berdiri di atas tanah seluas 11,2 hektar.

Masjid Agung Surabaya ini memiliki satu kubah besar utama dan juga empat kubah kecil lainnya dalam bentuk limas. Semua kubah ini dicat dengan warna biru yang kemudian identic sebagai ciri khas dari masjid Al Akbar Surabaya ini.  Selain kubah, masjid ini pun juga dilengkapi dengan menara dengan ketinggian 99 meter. Sedangkan view towernya berada pada ketinggian 68 meter.

Pembangunan Masjid Al Akbar Surabaya dimulai pada tahun 1995. Pembangunan masjid agung ini pernah mengalami pemberhentian sementara pada saat krisis moneter yang terjadi pada tahun 1999. Pembangunannya rampung pada tahun 2001 dan pembukaannya diresmikan pada November 2000 oleh Presiden RI kala itu, yaitu KH Abdurrahman Wahid.

Sebagai satu masjid agung dengan skala nasional dan berukuran yang sangat luas, masjid ini dilengkapi dengan 45 buah pintu yang terdiri atas 90 daun pintu. Pintu masjid dibuat dari kayu jati dan diberikan sentuhan kaligrafi untuk menonjolkan ciri khasnya sebagai masjid. Ukiran kaligrafi ini juga dapat dilihat dari pintu masjid ini.

Menara masjid juga menjadi ciri khas lain dari Masjid Al Akbar. Menara Masjid Agung Surabaya ini pada awalnya direncanakan dibuat sebanyak enam buah. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya dibuatlah satu menara masjid dengan ketinggian 99 meter. Di atas menara ini, dapat dilihat pemandangan keseluruhan Kota Surabaya yaitu pada ketinggian 68 meter sebagai view tower. Menara ini dilengkapi dengan lift yang dapat dinaiki sekitar 30 orang untuk menikmati pemandangan Kota Surabaya dari atas.

Menara Masjid Al Akbar Surabaya

foto: IG @fajarhw

Lokasi Masjid Al Akbar Surabaya

Lokasi Masjid Agung Surabaya berada di kawasan Pagesangan, tepatnya Jl. Masjid Al-Akbar Utara No.1, Pagesangan, Jambangan, Surabaya. Lokasinya berada di sisi jalan tol Surabaya – Malang menjadikan Masjid Al Akbar Surabaya sebagai Landmark kota ini. Untuk mencapai lokasi ini cukup ikuti panduan google maps Masjid Al Akbar Surabaya ini.

Masjid Agung Surabaya (MAS) ini pun terkenal dengan keadaan yang adem dan nyaman, sejuk serta menyenangkan. Fasilitasnya lengkap dan tersedia banyak toilet yang membantu para jamaah dan pengunjungnya untuk lebih mudah mengakses toilet dan tempat wudhu sebagai aktivitas pertama yang dilakukan sebelum melakukan ibadah di dalam masjid.

Fasilitas Masjid Al Akbar Surabaya

Berikut fasilitas dan kegiatan-kegiatan di Masjid Agung Surabaya :

  • Fasilitas : Internet Akses, Parkir, Taman, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Aula Serba Guna, Poliklinik, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah , Stasiun Radio, Menara.
  • Daya Tampung Jamaah : 59.000 orang.
  • No Telp/Faks : 031-8289755, 031-8289756 / 031-8286896
  • Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu.

Masjid Al Akbar Surabaya di Hati Pengunjung

Jamaah manapun yang mendatangi masjid ini memberikan komentar yang bagus. Masjid ini memiliki ukuran yang sangat besar namun tetap terjaga kebersihannya.

Sebagai masjid dengan area yang sangat luas, area masjid sering kali digunakan untuk berbagai acara baik itu acara dakwah sampai acara lainnya seperti resepsi pernikahan dan juga bazar di beberapa hari tertentu.

Area masjid agung yang dekat dengan bandara Juanda menjadikan masjid ini sebagai transit bagi siapa pun yang akan masuk dan keluar bandara. Hal ini tentu saja memudahkan siapa saja yang akan bepergian melalui bandara Juanda.

Masjid Al Akbar Surabaya ini berada di lokasi yang sangat strategis. Selain dekat dengan bandara Juanda, masjid ini juga memiliki akses ke jalan tol Waru, dekat dengan wahana bermain Surabaya Carnival Park dan berbagai hotel, sekolah, kantor PWNU, kantor Kementerian Agama dan juga beberapa tempat penting lainnya.

Masjid Al-Akbar Surabaya

foto: IG @noro._

Dengan segala keutamaan dan kemudahan yang dimiliki dan diberikan oleh masjid Al Akbar Surabaya, tak ayal banyak pihak yang menyebutnya sebagai masjid untuk tujuan wisata religi. Karena selain dalam digunakan sebagai sarana untuk beribadah dan menimba ilmu keagamaan, masjid agung surabaya juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berwisata. Keberadaannya yang juga dekat dengan area kuliner, pusat oleh oleh khas Surabaya dan pusat oleh-oleh haji semakin menjadikan masjid agung ini lebih diminati oleh banyak pengunjung dan wisatawan.

Adanya taman bermain dalam ukuran yang tak terlalu besar serta area parkir yang luas menjadi pendukung dan faktor penarik lainnya untuk para jamaah masjid agung ini. Dengan ruangan utama masjid yang sangat luas sehingga mampu untuk menampung jamaah dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan di hari minggu pagi, di area masjid agung surabaya ini juga terdapat pasar kaget yang diramaikan oleh banyak pedagang yang menjual aneka jenis barang yang dapat dijadikan oleh oleh, juga aneka makanan basah maupun kering dijajahkan disini. Hal inilah yang semakin menambah daya tarik masjid Al Akbar Surabaya sehingga membuat banyak orang lebih senang dan tertarik untuk datang masjid ini, baik untuk beribadah dan juga sebagai sarana untuk melepas lelah di kala perjalanan. – #BanggaSurabaya

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!