Kebun Binatang Surabaya, Rekreasi Dan Wisata Edukasi Anak

Kebun Binatang Surabaya

Bingung mencari tempat rekreasi yang tidak terlalu jauh dari kota? Ingin mengajak anak-anak untuk mengenal dunia binatang secara lebih dekat namun tetap mengasyikkan? Ya, rekreasi sambil memberi edukasi pada anak. Bagi warga Surabaya hal ini bukan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab di kota ini terdapat sebuah tempat wisata edukatif yang letaknya berada di tengah kota, yaitu Kebun Binatang Surabaya. Tempat yang akrab disebut KBS atau BonBin Surabaya bagi arek-arek suroboyo ini bisa menjadi salah satu referensi untuk menikmati liburan bersama keluarga secara menyenangkan.

Di tempat ini, banyak terdapat satwa langka yang mulai sulit dijumpai di alam bebas. Selain itu, disini Anda bisa sejenak menikmati kesejukan alam dan mengalihkan suasana dari hiruk pikuknya kehidupan kota yang mulai dipenuhi dengan polusi. Terlebih, kota Surabaya di siang hari sudah terkenal akan cuacanya yang cukup panas. Sehingga dengan menikmati suasana alam, Anda bisa mendapatkan lagi pikiran yang segar untuk menunjang aktivitas rutin.

Wisata Keluarga di KBS

foto: IG @kebunbinatangsurabaya

Alasan lain untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata keluarga adalah di sini, Anda bisa menemukan banyak kegiatan. Di saat musim liburan tiba, Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan membuat berbagai macam acara guna menarik minat masyarakat berkunjung ke tempat tersebut. Sehingga, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan binatang saja di tempat tersebut, namun bisa pula menyaksikan dan turut bermain dalam berbagai kegiatan yang bersifat atraktif disana.

Sejarah Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya termasuk salah satu kebun binatang paling tua di kawasan Asia Tenggara. Lokasi ini sudah berdiri sejak tanggal 31 Agustus 1916 dan dikenal dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin. Lokasi awalnya berada di kawasan Kaliondo, namun setahun kemudian pindah di wilayah Darmo dekat dengan Taman Bungkul Surabaya dan bertahan hingga saat sekarang ini. Lokasi bonbin ini tepatnya di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya.

Namun demikian, tempat ini baru dibuka bagi umum pada tahun 1918 tepatnya pada bulan April. Namun baru sekitar 4 tahun beroperasi, pihak manajemen mengalami masalah dan hampir saja dibubarkan karena krisis yang terjadi tersebut. Untungnya, ada beberapa anggota pengurus yang menolak ide pembubaran tersebut. Dan berkat campur tangan pemerintah, maka gagasan untuk membubarkan Kebun Binatang Surabaya tersebut pun urung dilakukan.

Kebun Binatang Surabaya mulai berkembang pada tahun 1927, dengan adanya bantuan besar dari pemerintah setempat. Sejak saat itu, luas lahan KBS pun berkembang dari yang semula hanya memiliki luas 3 hektare berkembang menjadi 15 hektare pada tahun 1939. Perkembangan jumlah binatang koleksi BonBin Surabaya pun semakin meningkat dengan adanya tambahan binatang yang berasal dari luar negeri. Dan pada tahun 1970, KBS menjadi salah satu kebun binatang yang paling lengkap dan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Kebun Binatang Surabaya

sumber: wikipedia.org

Sayangnya, kondisi ini sempat mengalami masalah yang rumit memasuki tahun 2000-an. Dimana seiring dengan kekacauan tersebut, berdampak pada matinya beberapa binatang langka yang terjadi secara beruntun. Mulai dari harimau sumatera, komodo, rusa bawean, buaya dan singa Afrika. Selain itu, banyak pula binatang yang hidupnya kurang terurus karena kekurangan makan. KBS bahkan dijuluki sebagai Kebun Binatang Terkejam di dunia oleh media asing.

Pemerintah pun, mengambil sikap dengan menghentikan izin operasi KBS pada tahun 2010. Dan sejak 2013, pemerintah mulai mengambil alih pengelolaan Kebun Binatang Surabaya. Mulai dari proses pemeliharaan binatang sampai dengan peningkatan fasilitas umum dilakukan untuk mengembalikan kondisi BonBin Surabaya kembali mengalami masa kejayaannya.

Proses penataan kandang dilakukan dengan melibatkan beberapa lembaga konservasi. Tujuannya untuk menangani kelebihan populasi satwa yang saat itu mencapai 2600 an satwa. Bahkan, guna meningkatkan kualitas pemeliharaan satwa yang lebih baik, pemerintah melalui KBS bekerjasama dengan beberapa pakar satwa dunia. Hal ini untuk mencapai target bahwa di masa mendatang KBS bisa berkembang menjadi lembaga konservasi yang lebih baik.

Jumlah Satwa Kebun Binatang Surabaya

Di tahun 2017, jumlah satwa Kebun Binatang Surabaya tercatat mencapai 2640 yang berasal dari 236 spesies. Masing-masing binatang dibagi menjadi 4 kelompok, yakni mamalia, aves, reptil serta pisces. Di setiap kandang, disertakan informasi mengenai satwa tersebut. Sehingga pengunjung bisa melihat secara dekat satwa yang ada, dan juga mendapatkan informasi mengenai satwa tersebut.

Perawat Satwa KBS

foto: IG @kebunbinatangsurabaya

Pengunjung juga bisa mendapatkan hiburan berupa atraksi hewan seperti di tempat konservasi binatang lain. Hiburan ini dikenal dengan sebutan Animal Edutainmet. Tujuan dari pertunjukan ini adalah agar kita bisa mengenal perilaku satwa tersebut setiap harinya.

Di beberapa kandang pengunjung juga bisa memberi makan binatang. Termasuk, memberi makan binatang buas seperti buaya yang tentunya hal ini cukup menantang. Caranya adalah dengan mengikatkan umpan pada alat yang mirip dengan kail. Dan alat tersebut dilempar sebagaimana jika kita memancing. Tidak perlu khawatir akan keselamatan Anda, sebab selama proses pemberian makan itu akan ada pawang yang sudah ahli di bidangnya untuk mendampingi.

Peran Dan Fungsi Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya memiliki fungsi dan peran penting dalam menjaga kesinambungan populasi dan penyelamatan satwa yang terancam punah, juga sebagai sarana edukasi dan penelitian bagi berbagai disiplin ilmu selain sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat umum.

  • Konservasi
    Sebagai lembaga konservasi ex-situ (untuk penangkaran satwa diluar haabitatnya), Kebun Binatang Surabaya merupakan benteng terakhir dalam penyelamatan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya.
  • Edukasi
    Sebagai wisata edukasi dan sarana pendidikan mengandung muatan pengembangan ilmu pengetahuan, Kebun Binatang Surabaya menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap satwa, flora dan lingkungan sejak dini kepada masyarakat melalui berbagai program edukasi nonformal.
  • Riset Dan Penelitian
    Kebun Binatang Surabaya sebagai sarana riset dan penelitian bagi para pakar konservasi tingkat nasional maupun internasional, dalam berbagai disiplin ilmu (kedokteran hewan, biologi, peternakan, pertanian, pariwisata).
  • Rekreasi
    Kebun Binatang Surabaya sebagai tujuan wisata alternatif yang layak dan terjangkau bagi masyarakat serta menawarkan pilihan rekreasi yang sehat dan menghibur untuk berbagai kalangan.
Edukasi Anak di Kebun Binatang Surabaya

foto : surabayazoo.co.id

Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya

Untuk bisa menikmati semua hiburan cukup dengan membayar harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya Rp 15.000,- per orangnya.Β Tiket masuk kebun binatang surabaya tersebut belum termasuk wahana permainan seperti naik binatang Gajah, Unta, Kuda, bahkan Perahu. Harganya bervariasi mulai dari Rp 5.000,– s/d Rp 20.000,-. Jam buka adalah sejak pukul 08.00-16.00 WIB.

Tersedia juga tiket masuk paket edukasi bagi pengunjung KBS. Paket edukasi Kebun Binatang Surabaya merupakan suatu program edukasi berkaitan dengan satwa, yang diberikan kepada pengunjung apabila pengunjung tersebut berkunjung dengan ketentuan dan tarif yang telah ditentukan. Info lengkap bisa cek di www.surabayazoo.co.id situs resmi PD. Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya.

Tonton Video Kebun Binatang Surabaya dibawah ini

Yuk.. ajak teman, sahabat atau keluarga main dan berwisata ke Kebun Binatang Surabaya! Sebagai alternatif lain tempat wisata di Surabaya anda bisa mengunjungi Hutan Mangrove Wonorejo bersama keluarga. Hutan Mangrove adalah sebuah ekowisata hutan bakau yang memiliki fungsi sebagai penyaring polusi air laut dan penyanggah garis pantai dari abrasi sekaligus sebagai destinasi wisata yang menarik. Selamat berekreasi! – #BanggaSurabaya

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!