Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Digelar Di Kota Surabaya

Hari Pers Nasional 2019

HPN 2019, Kembangkan Ekonomi Rakyat Berbasis Digital

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 bertema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” akan digelar di Surabaya, Jawa Timur. Tema ini sejalan dengan program pemerintah dalam menunjang ekonomi. “Fokusnya adalah kepada bagaimana kita senantiasa mengentaskan sektor UKM, sektor kerakyatan tapi memanfaatkan digital karena kita tidak bisa menghalangi yang namanya digital ini,” ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Adapun pemilihan Jawa Timur sebagai pelaksana Hari Pers Nasional 2019 ini karena Jawa Timur memiliki angka pertumbuhan domestik regional bruto diatas pertumbuhan rata-rata nasional. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhannya mencapai 5,57% pada kuartal kedua tahun 2018.

Dalam penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selaku motor event ini turut menggandeng organisasi pers lainnya, seperti Dewan Pers, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Serikat Grafika Pers (SGP), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia ( PRSSNI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Konser Gebyar Pesona HPN 2019

Konser Gebyar Pesona HPN 2019

Tema Hari Pers Nasional 2019

Seperti yang disampaikan diatas, tema Hari Pers Nasional 2019 kali ini adalah “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Sedangkan untuk seminar mengambil tema, “Yang Muda Yang Berkarya, Generasi Milenial Optimis Menyongsong Revolusi Media Digital” pada Seminar Nasional Media, dan untuk seminar Konvensi Nasional Media Massa bertajuk “Media Massa Menghadapi Perubahan Digitaisasi”.

Peluncuran Buku Cetak Dan Digital

Buku-buku yang terbit pada HPN 2019. (Foto: Dok HPN)

Seperti tradisi pada setiap peringatan Hari Pers Nasional sebelum-sebelumnya, pada HPN 2019 ini diluncurkan 10 judul buku, karya para wartawan dari berbagai angkatan. Perbedaan peluncuran buku kali ini adalah penerbitan dalam dua versi, yakni cetak dan digital. Versi cetak digital disesuaikan dengan semangat digital yang terkandung dalam tema HPN 2019.

Tempat Pelaksanaan Acara Hari Pers Nasional 2019

Pelaksanaan rangkaian acara pada peringatan Hari Pers Nasional 2019 dilakukan dibeberapa kota, selain dipusatkan di kota Surabaya juga dilaksanakan di kota sekitarnya seperti Bangkalan, Jombang, dan Jember. Di Surabaya sendiri, kegiatanya digelar dibeberapa tempat seperti lapangan Kodam V Brawijaya, Hotel Mojopahit, dan Grand City Surabaya.

Gelaran acara Hari Pers Nasional yang sudah dimulai dari tanggal 2 Februari 2019 di lapangan Kodam V Brawijaya diisi beberapa acara seperti lomba lari Night Run 5 Kilometer, hiburan musik, dan pasar kuliner. Respon masyarakat terhadap acara ini sangat luar biasa, antusiasme masyarakat membuat acara ini semakin meriah.

Hotel Mojopahit Surabaya dipilih sebagai tempat dilangsungkan acara Forum Investasi. Akan hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Acara Hari Pers Nasional 2019

Event Santun Bermedia, 06 Februari 2019

Khusus untuk acara Forum Investasi dan acara puncak HPN 2019 ini akan hadir 25 duta besar negara-negara sahabat seperti dubes Amerika Serikat, Rusia, Austria, Kamboja, Bangladesh, Maroko, Lebanon, Taiwan, Serbia, Bosnia, Herzgovina, Mesir, Jepang, Slovakia, Thailand, Belanda, Iran, Australia, Pakistan, Singapura, Ceko, Bulgaria, Yunani, dan Seycheles.

Untuk acara Konvensi Media, akan diisi oleh Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan Jr. Dubes Amerika tersebut akan berbicara pada forum yang dihadiri tokoh-tokoh pers Indonesia.

Rangkaian acara Hari Pers Nasional 2019 yang digelar di Grand City Surabaya dimulai dari tanggal 6-9 Februari, puncak acara pada 9 Februari 2019 dan akan dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo (Jokowi).

Booth Pemerintah Kota Surabaya

Booth Pemerintah Kota Surabaya (foto: chawatysby)

Tim Pemkot Surabaya

Tim Disperindag Kota Surabaya (foto: Reza Pahlevi)

Surabaya Roll Cake ikut serta dalam event ini, mengisi booth kuliner mewakili oleh-oleh khas Surabaya di convention hall Grand City Surabaya pada tanggal 7-9 Februari 2019. Beberapa produk UKM binaan Dinas Perdagangan Surabaya lainnya juga ikut ambil bagian seperti batik, kue pie, kaos ala suroboyoan, kerajinan, dan lain-lain. Tetap Semangat dan Sukses Selalu! – #BanggaSurabaya

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!