Rekomendasi 15 Makanan Khas Surabaya Yang Harus Anda Ketahui

Makanan Khas Surabaya Rawon

Tahukah Anda macam dan ragam kuliner khas Surabaya? Coba sebutkan 5 makanan khas surabaya yang Anda ketahui! Mungkin yang Anda tahu tentang Surabaya hanyalah sebagai kota bisnis, kota terbesar kedua, kota pahlawan! Ah, semua orang sudah tahu hal itu, Yang harus Anda ketahui sekarang adalah Surabaya surganya pecinta kuliner. Banyak ragam kuliner dengan menu dan rasa yang variatif bisa dengan mudah Anda temukan di setiap sudut kota. Lebih spesial lagi, tidak hanya satu dua jenis makanan khas Surabaya tapi bisa sampai puluhan jumlahnya.

Meningkatnya pertumbuhan pariwisata di Indonesia dan di Surabaya khususnya, membuat bisnis wisata kuliner di Surabaya mengalami pertumbuhan yang pesat juga. Semakin banyak bermunculan tempat-tempat kuliner seperti restoran, pujasera, hingga warung pinggir jalan yang menawarkan berbagai makanan khas Surabaya dengan cita rasa yang begitu spesial.

Menu Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Dicoba

Jangan berpikir bisa menikmati semua makanan khas Surabaya jika Anda hanya punya waktu 1-2 hari di kota ini, butuh waktu minimal seminggu jika ingin menikmati semuanya. Jadi, sebaiknya buat daftar makanan unik di Surabaya yang layak menjadi prioritas untuk dicicipi terlebih dahulu. Berikut ini 15 menu rekomendasi makanan khas Surabaya yang harus Anda ketahui.

Tahu Campur Kalasan – Kuliner Berkuah Segar

Jalan Kalasan daerah Pacar Keling terkenal dengan warung makanan Tahu Campur. Ada pilihan beberapa warung disana. Makanan satu ini paling cocok disantap saat malam hari diluar jam makan Anda, apalagi ketika cuaca dingin dan hujan. Makanan khas Surabaya saat hujan ini berisi kikil, lentho, urat, selada, perkedel, taoge, mie, tahu yang disiram kuah hangat dicampur petis, dilengkapi dengan kerupuk.

Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan | foto : IG @eattemptationsby

Tahu Campur Kalasan
Lokasi: Sepanjang jalan Kalasan, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 20.000 per-porsi.

Tahu Tek Telor – Makanan Khas Surabaya

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya dan bahannya yang utama terdiri dari tahu dan bumbu petis. Dalam menu tahu tek terdapat juga telor, kentang, taoge atau kecambah, ditambah kerupuk sebagai pelengkap. Nama makanan Tahu Tek berasal dari suara gunting yang digunakan untuk memotong tahu goreng dan telur dadar. Banyak tempat yang menjual kuliner ini, namun pada artikel ini kami memberi rekomendasi mencoba makanan Tahu Tek Telor Pak Jayen di daerah Gubeng.

Tahu Tek Telor Pak Jayen

Tahu Tek Telor | foto : IG @ramaiyaricha

Tahu Tek Telor Pak Jayen
Lokasi: Jalan Dharmahusada No.112, Kecamatan Gubeng, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 11.000 s/d Rp 13.000 per-porsi.

Pecel Semanggi Surabaya – Semanggi Taman Bungkul

Di Jawa Timur, selain Pecel Madiun yang terkenal juga ada pecel semanggi surabaya. Makanan khas Surabaya ini sedikit langka, agak sulit ditemukan. Keunikan kuliner ini, selain penjaja yang umumnya berpakaian kebaya juga cara makannya yang menggunakan kerupuk puli sebagai pengganti sendok. Jika ingin mencicipi semanggi Suroboyo, Anda bisa langsung meluncur ke Taman Bungkul atau ke pujasera di jalan Diponegoro.

Pecel Semanggi Surabaya

Pecel Semanggi Surabaya | foto : IG @chiauling09

Pecel Semanggi Surabaya
Lokasi: Taman Bungkul, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 10.000 s/d Rp 25.000 per-porsi

Sego Sambel Mak Yeye – Kuliner Surabaya Malam Hari

Sego sambel artinya nasi sambal, sesuai dengan namanya kuliner ini berasa pedas khas Surabaya. Sego Sambel Mak Yeye berada dibelakang mall DTC Wonokromo, buka mulai jam 9 malam dan tutup menjelang subuh. Rasa pedas Sego Sambel Mak Yeye begitu spesial, sampai-sampai banyak pelanggan yang rela antri untuk bisa menikmati sepiring nasi sambal ditambah lauk ikan pari.

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye | foto : IG @ding_80

Sego Sambel Mak Yeye
Lokasi: Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 15.000 per-porsi (nasi sambel + ikan pari dan tempe goreng).

Sate Klopo Bu Asih – Kuliner Unik

Aneh mendengar sate dari kelapa? Tenang saja, ini bukan kelapanya yang disate. Sate ini sama seperti sate umumnya, berbahan dasar daging sapi atau daging ayam yang diiris tipis kemudian dilumuri kelapa parut sebelum dibakar. Pembeda unik lainnya, terdapat campuran jeroan dan lemak sapi pada Sate Klopo yang menambah cita rasa gurih pada kuliner ini. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih cukup terkenal di Surabaya, Anda bisa langsung kesana jika ingin mencicipi.

Sate Klopo Bu Asih

Sate Klopo Bu Asih | foto : IG @peta.makan

Sate Klopo Bu Asih
Lokasi: Jalan Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 17.000 per-porsi.

Rujak Cingur Ahmad Jais – Kuliner asli Surabaya

Cingur adalah daging yang berasal dari bagian hidung sapi. Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya yang memiliki rasa pedas dan gurih. Berbahan dasar cingur ditambah irisan tahu dan tempe, beberapa iris buah segar, dan disiram bumbu rujak petis. Rujak Cingur di Jalan Ahmad Jais wajib Anda coba, walau harganya diatas rata-rata namun rasa mantap banget. Siap-siap antri ya kalau datang ketempat ini.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais | foto : IG @gitoeste

Rujak Cingur Ahmad Jais
Lokasi: Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 45.000 per-porsi.

Rawon Setan – Kunier Berkuah yang Diburu

Setan tidak harus ditakuti, buktinya Rawon Setan malah dicari pelanggan. Rawon Setan menjadi salah satu restoran makanan khas Surabaya yang paling diburu para pelancong yang sedang berada di Surabaya. Ukuran potongan daging yang besar serta empuk dan kuah segar yang nikmat menjadi alasan kenapa ingin kembali mencicipi kuliner berkuah ini. Deretan foto-foto artis dan gubernur yang pernah mampir disini terpajang di dinding restoran Rawon Setan seolah menegaskan ketenaran kuliner Surabaya ini.

Rawon Setan

Rawon Setan | foto : IG @rawonsetan.id

Rawon Setan
Lokasi: Jalan Embong Malang No.78-I, Kecamatan Genteng, Surabaya
Harga: mulai dari Rp 30.000 per-porsi.

Bebek Sinjay – Kuliner Khas Asli Madura

Bebek Sinjay berasal dari Bangkalan, Madura. Tidak hanya dikenal ditempat asalnya, tapi juga terkenal di Surabaya karena daging bebek ini memiliki rasa gurih. Sambel pencit yang memiliki rasa kecut, asam, seger dan pedas membuat makanan ini lebih nikmat. Disini Anda harus bersabar untuk bisa menyantap sepiring nasi dengan daging bebek yang dibakar atau digoreng, sebab antriannya cukup panjang. Walau berasal dari Madura, bolehlah kita menganggap kuliner ini sebagai makanan khas Surabaya karena di Surabaya sendiri cukup banyak cabang restoran Bebek Sinjay Madura dan selalu ramai pengunjung.

Bebek Sinjay Madura

Bebek Sinjay | foto : IG @bebeksinjaymadura

Bebek Sinjay Madura
Lokasi: Jalan Raya Ketengan No.45, Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.
Harga: mulai dari Rp 25.000 per-porsi.

Bebek Tugu Pahlawan – Kuliner Bebek Asli Surabaya

Dinamakan Bebek Tugu Pahlawan karena warung tenda penjaja kuliner nasi bebek ini berada tepat di seberang Monumen Tugu Pahlawan. Meski hanya berupa warung sederhana namun tidak pernah sepi dari pengunjung, tak jarang pembeli harus rela antri untuk bisa menikmati seporsi nasi bebek dan sambal nya. Tempat kuliner ini buka mulai pukul 18.00 s/d 00.00 WIB

Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan | foto : IG @laparlagimakanlagi

Bebek Tugu Pahlawan
Lokasi: Jalan Tembaan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 18.000 s/d Rp 22.000 per-porsi.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut – Kuliner Melegenda

Lontong Balap salah satu makanan khas Surabaya sekaligus menjadi ikon kuliner kota Surabaya. Nama makanan ini berawal dari kebiasaan para penjual lontong balap yang berjalan cepat seperti orang balapan sambil memikul bakul dagangannya.

Lontong Balap terdiri dari lontong yang dipotong-potong, tahu goreng, lentho, bawang goreng, limpahan taoge (kecambah) yang menggunung, dan kuah. Tidak kelupaan bumbu petis udang pada bagian atas. Bumbu petis merupakan bumbu khas makanan dari Surabaya.

Lontong Balap Garuda

Lontong Balap Garuda | foto : IG @rikrud

Lontong Balap Pak Gendut sangat melegenda, makanan khas Surabaya ini berdiri sejak 1958 dan terus menjaga rasa dan kualitas hingga saat ini. Hal itu yang membuat pelanggan terus datang kembali.

Lontong Balap Pak Gendut
Lokasi: Jalan Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya
Harga: mulai dari Rp 10.000 per-porsi.

Soto Ayam Lamongan Cak Har – Kuliner Berkuah Kaldu

Walau bukan masakan asli Surabaya tetapi Soto Ayam Lamongan Cak Har memulai usaha kulinernya hingga terkenal seperti sekarang ini berada di Surabaya. Konon berawal dari buka stan di kantin salah satu kantor dinas pemerintahan yang kemudian terus berkembang karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Cak Har | foto : IG @kevinhorax

Makanan khas Surabaya Soto Cak Har memberi sajian menu dari ayam kampung dan kuah kaldu yang mampu membuat lidah Anda bergoyang, taburan koya yang gurih, dan perasan jeruk nipis akan menambah nikmat santapan ini. Oh iya satu lagi yang khas dari kuliner ini, Anda bisa request sepiring balung (tulang) ayam secara gratis.

Soto Lamongan Cak Har
Lokasi: Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 18.000 per-porsi.

Nasi Cumi Pasar Atom – Kuliner Food Street

Sesuai dengan namanya, menu andalan dari kuliner ini adalah cumi masak tinta. Cumi dimasak bersama tinta cumi-cuminya, menggunakan bumbu rempah-rempah tradisional pilihan. Cumi dimasak hingga bumbu rempah meresap pada daging cumi, alhasil rasanya benar-benar dahsyat. Anda harus mencoba masakan khas Surabaya ini!

Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi Cumi Pasar Atom | foto : IG @vickyyuwono

Banyak pelanggan yang datang ke warung ini sekedar memesan nasi cumi untuk dibawa pulang, Nasi Cumi Pasar Atom juga menerima pesanan untuk acara-acara. Berdiri sejak tahun 1917 dan sudah dikelola selama empat generasi. Buka 24 jam, jadi Anda bisa mampir kesana kapan saja Anda merasa lapar.

Nasi Cumi Pasar Atom
Lokasi: Jalan Waspada No.2-4, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 13.000 s/d Rp 30.000 per-porsi.

Kepiting Cak Gundul – Kuliner Seafood

Walau dikatakan kepiting mengandung kolesterol tinggi, namun tetap saja makanan ini dicari penikmat kuliner. Cara makannya juga sedikit ribet, butuh upaya tambahan untuk bisa menikmati daging yang terdapat pada rongga cangkang. Agar upaya tambahan tadi sepadan, Anda wajib mencoba Kepiting Cak Gundul di Raya Kupang Indah karena rasanya benaran nomor wahid.

Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul | foto : IG @liem_julie

Menu andalan di warung Cak Gundul adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Selain itu Anda juga bisa menikmati aneka seafood seperti kerang, ikan laut, udang dan cumi-cumi.

Kepiting Cak Gundul 1992
Lokasi: Jalan Raya Kupang Indah No.45 C-D, Sonokwijenan, Kecamatan Suko Manunggal, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 20.000 per-porsi.

Kupang Lontong Kartolo – Kuliner Khas Surabaya

Mungkin masih belum banyak yang kenal dengan Makanan Khas Surabaya Kupang Lontong. Sekilas tampilan makanan ini memang terlihat sedikit aneh, mungkin hal itu yang membuat sebagian orang merasa ragu untuk mencicipinya. Kupang Lontong adalah jenis makanan dari bahan utama kerang kecil yang disajikan bersama irisan lontong dan lento, kemudian disiram dengan kuah petis, tidak ketinggalan bawang putih dan cabai untuk menambah nikmat.

Kupang Lontong Kartolo

Kupang Lontong Kartolo | foto : IG @sukmaasn2014

Kuliner kupang lontong ini banyak ditemui di daerah Sidoarjo, tetangga kota Surabaya. Sambil menikmati makanan khas ini, Anda juga bisa memesan es degan untuk minumannya. Segerrrr..!

Kupang Lontong Kartolo
Lokasi: Terminal Larangan, Larangan, Kecamatan Candi, Sidoarjo.
Harga: mulai dari Rp 15.000 per-porsi.

Nasi Goreng Jancuk – Kuliner Pedas

“Jancuk!! pedes cak”, kata-kata yang sering terucap dari mulut para pelanggan setelah melahap nasi goreng ini. Dari sinilah asal mula nama kuliner yang terkenal memiliki dua level pedas ini. Nasi Goreng Jancuk level pedas biasa menggunakan satu ons cabai untuk setiap porsinya. Sebagai pelengkap, nasi goreng ini diberi topping irisan telor dadar, udang, dan suiran daging ayam. Acar, bawang goreng dan krupuk udang sebagai tambahan lainnya.

Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk | foto : IG @nasgorjancuk

Walau harganya tampak begitu mahal untuk satu porsi nasi goreng, namun seporsi Nasi Goreng Jancuk sangat mampu mengenyangkan perut empat hingga enam orang. Suka pedas? coba deh yang pedasnya level satu!

Nasi Goreng Jancuk
Lokasi: Tunjungan Plaza 1 lantai 5, Kecamatan Tegalsari, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 100.000 per-porsi.

Bonus: Surabaya Roll Cake – Oleh-oleh Khas Surabaya

Tertarik untuk mencoba oleh2 khas Surabaya ini? atau mungkin dibawa pulang untuk oleh2 keluarga dirumah? Surabaya Roll Cake adalah oleh-oleh khas dari Surabaya yang terbaru, memiliki 105 varian rasa yang dapat Anda pesan. Tersedia pilihan rasa cake vanilla, coklat, dan pandan. Untuk isi gulungan, Anda dapat memesan selai nanas, selai strawberry, krim vanilla, krim coklat, meises, dan lain-lain. Ada juga topping keju, choco ganache, meises, dan kacang naugat.

Oleh Oleh Khas Surabaya Roll Cake Chocolate Cream Choco Meises

Surabaya Roll Cake

Untuk bisa menikmati oleh oleh khas surabaya kekinian ini Anda bisa memesan online tanpa harus datang langsung ke alamat toko, pemesanan via WhatsApp di nomor 0818419088.

Surabaya Roll Cake
Lokasi: Jalan Siwalankerto No.231-B, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.
Harga: mulai dari Rp 70.000 s/d Rp 80.000 per-gulung.

Demikian 15 rekomendasi makanan khas Surabaya yang harus Anda ketahui, apakah sudah pernah mencobanya? jangan bilang sudah pernah ke kota Surabaya jika belum pernah mencicipi salah satu makanan diatas. Jangan lupa share ya.

Share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!